Dodol Tenjo

Diproduksi oleh banyak rumah tangga atau UMKM di daerah Tenjo Kabupaten Bogor, anda tak perlu kesana untuk menikmati dodol yang sudah puluhan tahun diproduksi disana, karena sekarang anda bisa membeli lewat toko online.

Jika anda mendengar penjual yang berteriak “Tape uli, Lepet” dengan pikulan, biasanya mereka menjual dodol Tenjo, mereka adalah anak-anak muda dari Tenjo dan sekitarnya yang berangkat saat hari gelap dari Tenjo menggunakan Kereta Api untuk menyebar ke berbagai pasar seantero Jakarta, sambil menjajakan di jalan menuju ke pasar dan setelah berdagang di pasar, dijajakan lagi di jalan menuju ke stasiun kereta terdekat.

Seperti dodol pada umumnya makanan manis ini terbuat dari beras ketan, kelapa, dan tentu gula merah. Tapi setiap wilayah memberi ciri khas untuk setiap produk makanannya, termasuk dodol tenjo ini. Jika anda pernah mencicipi dodol tenjo kemudian membeli makanan yang sama dari wilayah lain pasti akan merasakan sesuatu yang beda, artinya sama-sama dodol tetapi rasanya beda. Dodol tenjo memiliki cita rasa khas tersendiri.
Ada banyak sentra industri rumahan yang memproduksi dodol tenjo di desa Tenjo diantaranya Dodol A How, Dodol Ibu Enok, Dodol Ibu Cucum, Dodol Ibu Uum dan banyak lagi industri rumahan yang memproduksi dodol tenjo.
Dodol tenjo memiliki varian rasa seperti dodol rasa durian, dodol wijen, dodol lapis dan varian rasa lainya yang semuanya mengguggah selera pecinta makanan manis. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s