Tips Mendokumentasikan Kerja Bakti di Sekolah

Screen Shot 2020-01-05 at 6.59.30 PM

Perhatikan foto-foto di atas, saya search dengan kata kunci “kerja bakti di sekolah”, coba anda ingat foto teman-teman anda di instagram yang mengabarkan kegiatan kerja bakti di sekolahnya.

Foto-foto di atas bagus, terlihat bahwa warga sekolah sedang melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah, sementara banyak foto yang mengabarkan kerja bakti berisi orang-orang berjejer berdiri, ada yanag memegang alat kebersihan atau hanaya berdiri menghadap lensa kamera, itu bukan foto kerja bakti, tetapi foto orang-orang yang seddang berjejer di lingkungan sekolah tanpa melakukan apa-apa.

Bagaimana cara membuat dokumentasi kerja bakti di sekolah yang baik, berikut ini tips yang dapat anda lakukan:

1. Bentuk panitia kerja bakti, siapa sebagai ketua, sekretaris, bendahara, perlengkapan, dan jangan lupa seksi dokumentasi.
2. Secara bersama-sama panitia inti termasuk seksi dokumentasi berkeliling sekolah menentukan target yang akan dibereskan saat kerja bakti.
3. Tentukan waktu mulai pekerjaaan dan selesainya.
4. Persiapkan alat-alat dan bahan kerja bakti, termasuk konsumsi.
5. Tentukan pembagian tugas kelompok kerja dan lokasi diserta target yang harus dibereskan.
6. Seksi dokumentasi memotret dan membuat video lingkungan sebelum kerja bakti dilakukan.
7. Saat kerja bakti berlangsung, seksi sokumentasi tak perlu ikut serta kerja bakti tetapi fokus membuat foto-foto dan video mendokumentasikan proses kerja bakti sebanyak mungkin sesuai kapasitas memori kamera atau handphone.
8. Seksi dokumentasi memotret dan membuat video lingkungan setelah kerja bakti dilakukan.
9. Pilih foto dan video yang bagus untuk dipublikasikan di facebook, website, blog, instagram, twitter dan media lainnya.
10. Upload foto-foto warga sekolah yang sedang bekerja bersama di berbagai lokasi di lingkungan sekolah, usahakan terlihat bahwa orang yang terlihat dalam foto selalu berbeda-beda yang menandakan bahwa kerja bakti diikuti oleh banyak warga sekolah, jangan hanya orang yang itu-itu saja bekerja di berbagai tempat di sekolah.
11. Foto-foto orang berjejer itu mengabarkan bahwa mereka tak bekerja, biarkan jadi penghuni harddisk dan kenangan yang bisa dinikmati secara terbatas, bukan untuk konsumsi orang sedunia, karena foto-foto anda di media sosial bisa dinikmati orang sedunia.
12. Silahkan tambahkan tips lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s