Tips perjalanan aman bawa Laptop

Jalan-jalan sambil bawa laptop, agar bisa selalu terkoneksi dengan teman-teman atau rekan bisnis, memang menyenangkan. Apalagi jika memang bisnis kita dapat dilakukan di mana saja, kapan saja. Atau Anda memang seorang penulis yang ingin selalu siap sedia menulis di laptop ketika bepergian?

Faktor keamanan selalu menjadi perhatian utama, terlebih lagi jika bepergian jauh yang mengharuskan Anda melalui bandara. Bagaimana kiat agar laptop kita tetap aman? Ini dia beberapa tipsnya:

Bawa laptop Anda dalam tas yang tidak menyerupai tas khusus laptop. Sebab tas khusus laptop selalu menarik perhatian pencuri special gadget-gadget canggih.
Saat di tempat publik, jangan pernah mata Anda lepas dari tas yang berisi laptop tersebut. Sekejap saja lengah, sudah dapat dimanfaatkan pencuri. Jangan biarkan ada orang yang menyentuhnya.
Jika terpaksa harus meninggalkan laptop di kamar hotel, amankan baik-baik. Jika ada lemari yang dapat dikunci, simpanlah di situ. Namun jika tidak, titipkan pada petugas hotel yang secara resmi menyediakan locker penyimpanan khusus. Sebelumnya, back up semua data Anda di flash disk.
Jika sedang sial bertemu penjahat yang mengancam Anda, lebih baik berikan saja laptop Anda, sebab nyawa Anda jauh lebih berharga. Itulah sebabnya pentingnya melakukan back up data. Sehingga ketika laptop pindah tangan, Anda tak kehilangan data-data tersebut.
Back up sebaiknya dilakukan sebelum bepergian, dengan memindahkan data-data ke PC atau laptop lain, atau external hard disk. Saat di perjalanan, bawa selalu flash disk untuk mem-back up data-data terbaru.
Simpanlah flash disk dalam tas terpisah dari laptop, sehingga jika laptop hilang, flash disk tetap ada pada Anda. Misalnya di dompet, atau tas kecil.
Sejumlah data sensitif yang tersimpan di laptop sebaiknya dienskripsi, sehingga si pencuri tidak dapat mengaksesnya. Gunakan program enkripsi seperti TrueCrypt yang bisa dipakai gratis.
Lindungi laptop Anda dengan password yang sangat kuat, yakni terdiri lebih dari 8 karakter, dan merupakan kombinasi angka dan huruf.
Saat bepergian ke luar negeri, kadang ada bandara yang cukup ketat memeriksa data di laptop. Hapuslah data yang sekiranya akan memicu kesulitan, misalnya video atau foto khusus dewasa.
Perhitungkan juga untuk membawa colokan yang berbeda dengan yang ada di laptop Anda, sebab ada negara yang menyediakan colokan dengan jumlah lubang berbeda dengan negara asal Anda.

Selamat berjalan-jalan! [Internet Sehat]

Sumber artikel: internet sehat/PC World

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s