[LKS SMK Tk Nasional XVIII, 2010] mobil SMK

This slideshow requires JavaScript.

Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Rajawali 1,5i karya anak-anak siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi andalan pada pameran dan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke-18 di Arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran Jakarta Pusat yang berlangsung pada 13–16 Mei 2010.

“Mobil 1.500 cc ini telah dipesan oleh Dirjen Mandikdasmen Kemendiknas Suyanto dan Sekretaris Dirjen Mandikdasmen, Bambang Indriyanto, masing-masing satu unit SUV,” kata Direktur Pembinaan SMK Kemdiknas, Joko Sutrisno, di arena pameran di Hall D PRJ Kemayoran Jakarta, Kamis (13/5) malam.
Menurutnya, Mobil SUV itu dirakit oleh siswa SMK Warga Solo, SMK Singosari, SMK Muhammadiyah Magelang, dan saat ini masih dalam persiapan produksi sambil menunggu izin. Jika izin sudah selesai, mobil itu akan dijual dengan harga Rp 160 juta lebih (On Road).

Namun dikemukakan, khusus untuk para kepala sekolah, harganya akan mendapat potongan atau diskon, karena kepala sekolah itu diharapkan nantinya bisa merakit sendiri mobil itu bersama para siswa di sekolahnya.
”Saya sudah menganjurkan Kepala Dinas Pendidikan Kabuoaten Bireun, Nanggore Aceh Darussalam, untuk mengambil sekaligus lima unit, nanti dirakit di Bireun,” katanya.

Joko mengimbau agar para kepala sekolah dan guru bisa untuk membeli mobil hasil produksi anak-anak SMK itu. Kalau perlu. Katanya, mobil para Kepsek dan guru yang ada sekarang dijual lalu diganti dengan mobil UPV. Menurut dia, produksi anak-anak SMK tidak kalah dengan mobil produksi luar negeri.
Sementara itu Sekretaris Dirjen Mandikdsmen, Bambang Indriyanto, menilai mobil SUV ini sudah profesional. ”Saya melihatnya dari sistem internal cukup bagus. Saya melihat sistem mutunya memadai. Saya akan memesan satu unit,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bireun, NAD, Asnawi, di kesempatan sama mengatakan ia sangat berminat untuk membeli mobil itu, karena ia menilai dari sisi kualitas tidak jauh berbeda dengan produk luar negeri.
”Saya sangat surprise dengan hasil anak-anak SMK seperti ini. Kami salut kepada anak-anak SMK yang telah memproduksi hasil karya seperti ini. Mari terus berjuang dan jangan pernah menyerah, karena ini adalah harkat dan martabat bangsa Indonesia. Kami di Bireun akan melakukan perakitan mobil seperti ini,” katanya.
Ia juga menjelaskan bahwa anak-anak SMK di Bireun sebelumnya telah melaunching perakitan Lap Top bersama merk dagang Zirex, dan itu menjadi modal awal bagi siswa SMK Aceh.
”Prestasi ini akan membangkitkan semangat para guru, siswa SMK, dan stakeholder pendidikan. Ini adalah modal awal, dan akan dikembangkan di masa depan,” katanya.

Sumber: Kominfo Newsroom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s