Telur dan bayi Kura-kura langka Belawa

Tak bisa menetas

Tak bisa menetas


Semoga tak punah

Semoga tak punah


Jumlah kura-kura di obyek wisata Cikuya, Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, terus berkurang dari tahun ke tahun. Padahal, kura-kura Belawa (Tryonix cartilegineus) merupakan satwa langka yang dilindungi sekaligus daya tarik utama di tempat ini. Yayat, pengurus obyek wisata Cikuya mengungkapkan, jumlah kura-kura yang tinggal di kolam Cikuya hanya tujuh ekor. Jumlah ini sangat jauh dibandingkan dengan tahun 1980-an. Menurut Yayat, jumlah kura- kura mulai terasa berkurang drastis sejak tahun 1990-an, tetapi ia tidak menyebut penyebab pastinya. Ia menduga kondisi air yang tidak sebagus dulu menjadi salah satu faktor pemicu tidak berkembangnya kura-kura Belawa.
Sumber: Kompas

About these ads
Categories: Binatang | Tags: , , , | 10 Comments

Post navigation

10 thoughts on “Telur dan bayi Kura-kura langka Belawa

  1. Salam hangat
    Pak.Dedi Dwitagama.

    Saya putra daerah belawa sungguh tidak berdaya dengan kepunahan satwa langka kuya belawa/kura-kura belawa.Kepunahannya bukan karna air.aka tetapi punahnya satwa langka yang dilindungi undang-undang itu punah akibat tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.Sesungguhnya aparat setempat sudah mengetahui sedari lama,tapi mereka menutup mata.Kondisi ini memperparah kelangsungan hidup kura-kura belawa.Kami atas nama warga belawa sangat berterima kasih kepada para pecinta satwa dan fauna untuk perhatiannya kepada kelangsungan hidup satwa langka seperti kura-kura belawa.
    Saya sertakan No Hp:02194974901

  2. Tepang Sono,
    Dede winardi

    Sebagai putra daerah Belawa yang mempunyai rasa cinta terhadap lestarinya kuya belawa, kepada semua pihak terutama generasi muda dan semua masyarakat Desa Belawa mari kita jaga dan lestarikan aset wisata kita yang sudah langka dan mendekati punah dari tangan tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.dan saya berharap kepada pemerintah daerah untuk bisa menarik investor lokal maupun luar untuk ikut serta melestarikan kuya belawa tersebut.

  3. ahmad waluyo

    prihatin……

  4. ahmad waluyo

    Dulu ketika saya masih SD ,dari jauh sering longmach /jalan-jalan ke cikuya belawa..kini jarang anak-anak SD yang berkunjung ke cikuya…sepi tiap harinya..sebab saya tiap hari lewat ke cikuya…kebetulan saya dinas di SD 1 Belawa..prihatin..

  5. memang miris nasib kura-kura belawa saat ini, kura-kura tersebut selain telurnya banyak yang hilang juga stress. oleh karenanya jika bapak dan para pembaca berkenan sayaingin mengajak bapak”/ ibu untuk bergabung dalam forum peduli kura-kura belawa melalui halaman facebook. semoga langkah ini bisa menyelamatkan kura” tersebut.

    arief. k
    cirebon

  6. bara

    Mas2, Bapak2, Ibu2

    Terus terang saya sangat prihatin dengan kondisi pelestarian Kura2 Belawa
    Namun yang jelas inilah menurut saya langkah2 yang harus di ambil :
    1. Revitalisasi lingkungan habitat telaga Cikuya , Belawa, utamanya jauhkan dari pencemaran
    2. Pisahkan daerah konservasi dan daerah wisatanya, sehingga dapat mengurangi stress
    3. Penduduk…tolong dong, jangan serinng2 ambil telornya, walaupun beda dengan ambil kura kuranya…khan tetap aja sebelas duabelas tuh namanya
    4. Aparat Pemda utamanya Dinas Kelautan dan Perikanan, ngerti dikit ngapa sih, jelas 2 ini kura2 langka…kenapa masih sering disebut sebagai Tryonic cartilagineus atau Amyda cartilaginea……jelas2 itu SALAH BESAR, kalau yang itu mah Bulus/Labi2/Belawa pada umumnya…..mau cari 1 Kapal juga bisa, wong kuota export nasional CITESnya aja ampe 29.000 an, makanya orang2 Dinas jangan pada ketinggalan info melulu
    5. Sekali lagi Bapak2, Ibu2, Mas2, Mbakyu2……ini Bulus atau Kuya LANGKA BANGET……..memang kalau diamati agak mirip dengan Bulus/ Kuya yakni Chitra indica( yang ini sudah dilindungi oleh peraturan perundangan dari dulu) atau mungkin Chitra vandicki
    6. Bahkan mungkin ini species lain lagi, paling tidak sub species unik dari Chitra indica…….sekali lagi…ini adalah Bulus/Kuya yang sangat….BERHARGA…ASSET GENETIK daerah CIREBON yang luar biasa
    7. Yang memprihatinkan seringkali, Bulus/Kuya Langka ini diam2 sudah ada yang pegang di Belanda, Inggris, Jepang, Amerika…..aduh sungguh SEDIH.
    8. Buat para ahli Chelonia….., jangan bengong aja dong, bertindak dong

  7. Ahmad Waluyo

    yang paling penting ada rasa memiliki bersama ….

  8. Ada 6 pokok kajian utama perihal kuya belawa yang harus diperhatikan: (saya hari rabu 28/04/2010 kemarin mengunjungi lokasi wisata tersebut bersama Istriku)

    1. Pakan yang diberikan oleh pengunjung bukan pakan alaminya.
    2. Pencurian telur, menjadikan populasi berkurang.
    3. Perilaku warga mengangkat kuya guna dipoto, menimbulkan stress bagi satwa.
    4. Kontruksi dinding kolam, menjadikan kuya belawa sulit mendarat untuk basking dan bertelur.
    5. Tata letak MCK warga dengan posisi kolam kuya belawa perlu diatur ulang.
    6. Vegetasi di lahan perbukitan bagian hulu dari posisi kolam kuya belawa harus di perbaiki komposisi pepohonannya.

    semoga berguna.

  9. .. terims kasih atas semua komentarnya, semoga makin banyak yg care dan tak punah ase berharga kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 16,717 other followers

%d bloggers like this: